Monday 18 February 2013

5 Cara Merawat Kayu Agar Tetap Awet

BATAM - Penggunaan material kayu memang dapat membuat rumah anda menjadi hangat dan klasik. Beberapa orang percaya, penggunaan unsur kayu di dalam rumah membuat suasana rumah menjadi "hidup". Namun, penggunaan kayu di dalam rumah juga memerlukan perawatan berkala. Pemilik rumah, minimal, harus memiliki pengetahuan bagaimana cara merawatnya.

1. Bersihkan debu dari sisa-sisa pengeboran
Setelah melubangi tembok atau pun kayu, terdapat debu-debu sisa pengeboran. Untuk membersihkannya, aktifkan nosel vacuum cleaner dan arahkan ke lubang pengeboran. Debu-debu akan terhisap ke vacuum cleaner dan tempat anda pun bersih kembali.

2. Memaku Bambu
Memaku bambu gampang-gampang susah. Salah sedikit saja, bambu akan belah dan tidak dapat digunakan lagi. Bagaimana cara mengakalinya? Bor terlebih dahulu, dengan mata bor yang berukuran 3/4 dari paku yang akan digunakan. Setelah membuat lubang pada bambu, lumuri paku dengan minyak pelumas. Paku akan melesat masuk ke dalam bambu tanpa membuat belah.

3. Memperbaiki kayu yang "penyok"
Terkadang, kusen atau perabot rumah "penyok" karena anda tidak hati-hati saat memindahkan barang. Bagaimana cara mengakalinya? Jika kedalaman penyok tidak lebih dari 2 mm, maka anda masih dapat mengakali dengan menggunakan kain basah dan setrika. loh?! iya, caranya dengan menempelkan kain basah ke kayu yang penyok tersebut dan setrika hingga kain basah tersebut mengering. Bagian yang penyok akan segera tersamar dan hampir menyerupai bentuk sebelumnya.

4. Cara menghindari goresan pada parkit
Parkit dapat tergores karena terkena benda yang "tajam". Nah, sebelum benda-benda yang mempunyai sudut runcing merusak keindahan parkit, lebih baik anda "tumpulkan" sudut runcingnya dengan cara mengenakan karet pengaman, atau isolasi yang tebal, atau benda-benda yang dpat menyembunyikan sisi tajam agar tidak menggoresi parkit.

5. Menjaga keindahan benda pajangan dari kayu.
Keindahan kayu ada kalanya termakan usia dan alam. Tapi jangan khawatir, benda pajangan anda tetap dapat tampak seperti baru dengan beberapa perawatan. Caranya adalah bersihkan benda tersebut dari debu, lalu lap dengan kain yang telah diolesi minyak pelapis kayu. Beberapa minyak pelapis kayu dijual dengan aroma yang wangi.(chris)

No comments:

Post a Comment

Please do not hesitate to contact us for further information.