Saturday 29 September 2012

Kusen Tampil Lebih Menawan Dengan Architrave


Architrave adalah sebuah ornamen yang biasa diterapkan pada kusen, pintu, maupun jendela. Tujuan penerapannya adalah agar kusen dan jendela terlihat lebih klasik, lebih elegan, kuat, dan lebih kokoh. Di Indonesia, istilah Architrave lebih dikenal dengan sebutan Lis Kusen atau Casing Moulding 

Istilah Architrave sebenarnya berasal dari Italia, yaitu sebuah ornamen yang mengelilingi suatu bukaan. Jika anda bepergian ke bangunan-bangunan klasik Eropa, anda akan menjumpai berbagai jenis architrave. Mulai dari bentuk ukiran, profil, hingga bentuk minimalis.

Lalu, apakah kita bisa mengadopsinya di Indonesia? Tentu saja bisa.

Sebelum memasang architrave, kita perlu memahami tema rumah kita. Hal itu akan menentukan apakah tema architrave yang akan kita pasang, cocok dengan tema rumah kita atau tidak. Ciri architrave klasik biasanya berbentuk ukiran, atau permainan profil. Sedangkan, ciri architrave minimalis modern, biasanya dimunculkan berbentuk kotak atau setengah lingkaran. Jika anda ingin memadukan gaya minimalis dan klasik, pilihlah gaya minimalis kontemporer yang cenderung memainkan profil berbentuk kotak2.

Architrave sebaiknya diaplikasikan pada kusen dengan ukuran kayu 6/15 atau 5/11. Pemasangannya juga bisa dipilih, mau di bagian dalam dan bagian luar, atau hanya bagian luar saja. Biasanya, architrave dipasangkan pada kusen yang rata dengan tembok. Sebagian sisinya menempel pada kusen, dan sebagian lainnya menempel pada tembok. 

Ornamen architrave itu sendiri sebaiknya menggunakan kayu solid agar memunculkan kesan padat dan kokoh. Ukuran architrave pada umumnya memiliki ketebalan 1 cm dan lebar 6 cm. (ukuran ini tidak mutlak karena bisa disesuaikan dgn model ornamen architrave itu sendiri). 

Bagaimana Opsi membelinya? Anda bisa membeli bahannya aja, lalu meminta tukang bangunan untuk membuatkannya. Kami menjual bahan-bahan pembentuk Architrave berupa Lis Profil berbagai model, dalam satuan perbatang. 1 Batang = 2,5 meter hingga 3 meter. Sebagai contoh, untuk Lis Kusen berbahan Suntai / Nyatoh berukuran 1 cm x 6 cm x 300 cm, Harganya mulai dari Rp. 150.000,-/batang dan unfinished (belum di cat). Harga tersebut bisa berubah, tergantung dari model dan ukurannya. Nantinya, batang-batang Lis tersebut dipotong sesuai kebutuhan dan dipasangkan pada kusen. 

Selain itu, kami juga menerima jasa pemasangan architrave. Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari tukang. Kami menyediakan tukang ahli untuk memasangkannya, dan kami bertanggung jawab penuh dalam proses pengerjaannya secara profesionnal hingga selesai.

Jadi, jika anda ingin mempercantik tampilan kusen pintu maupun jendela anda, cobalah memasang architrave. :)

1 comment:

Please do not hesitate to contact us for further information.