Tuesday 18 September 2012

GAZEBO : Bagaimana Sejarahnya? (1)

Kali ini, kami ingin membahas Gazebo - sebuah bangunan mini yang biasa dijadikan tempat beristirahat kecil di taman. Meskipun banyak orang sudah mengetahuinya, namun, tidak banyak yang mengetahui asal usul maupun sejarah Gazebo.

Gazebo diperkirakan sudah ada sejak zaman Mesir Kuno 2500 tahun sebelum Masehi. Pada awalnya, gazebo adalah sebuah bangunan mungil di sekitar taman sebagai tempat pemujaan dewa. Bangsa Yunani dan Romawi juga memiliki sejarah gazebo dengan pilar besar dan patung dewa dewi.

Kata Gazebo, berasal dari perpaduan bahasa Inggris: gaze yang berarti 'menatap', dan bahasa Latin, ebo, yang berarti 'akan'. Ada pula yang mengatakan gazebo berasal dari bahasa Prancis, yaitu que c'est beau yang berarti 'amat indah'.

Bangunan ini sesungguhnya dibuat untuk memberikan pandangan yang luas pada area sekitarnya. Gazebo merupakan salah satu alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga, menerima tamu, atau melakukan aktivitas lainnya.

Desain gazebo sendiri sangat khas karena gazebo dibangun terpisah dari bangunan utama, berdiri sendiri di area taman yang bentuk dan desainnya bermacam-macam. Selain itu letaknya juga bisa di depan, belakang, atau samping rumah.

Pada umumnya gazebo dapat dikenali dari bentuk dasarnya yang terdiri dari atap, tiang-tiang penyusun tanpa dilengkapi dinding, dan lantai yang elevasinya sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah di sekitarnya.

Gazebo merupakan struktur taman yang indah, sering dibangun dengan empat, enam atau delapan sisi. Tidak hanya di siang hari, malam hari pun Anda bisa bersantai di gazebo dengan meletakkan lampu di tiang, plafon, atau lantai gazebo. Anda juga dapat menanam tanaman di sekitarnya untuk membuatnya lebih bergaya dan segar.

Bentuk gazebo bisa diaplikasikan di taman sesuai dengan selera. Pilihan modelnya bermacam-macam, mulai dari pondok ala saung beratap jerami, pendopo gaya Jawa, hingga gaya klasik dengan atap kubah yang monumental.

Kreasikan gazebo sesuai imajinasi Anda. Tapi, sesuaikan dengan konsep penataan taman. Gazebo gaya saung tradisional masih bisa diserasikan dengan taman bergaya tropis atau minimalis.

Gazebo gaya tradisional ada yang menggunakan material kayu, bambu, dan juga rotan. Bahan kayunya juga beragam. Bisa kayu jati, kayu nangka, hingga kayu kelapa yang memiliki motif unik. Untuk atapnya, bisa dipakai atap jerami, sirap, atau genteng biasa.

Taman gaya Inggris yang penuh bunga warna-warni, lebih pas dilengkapi dengan gazebo berdesain klasik atau neoklasik. Gazebo klasik memiliki ciri khas pilar-pilar besar dan atap kubah. Anda bisa menggunakan bahan beton atau kaca untuk atap.

Agar menimbulkan kesan lebih dramatis, lengkapi dengan ornamen kaca mozaik warna-warni. Kaca mozaik ini akan memendarkan cahaya pelangi saat tertimpa sinar matahari.

No comments:

Post a Comment

Please do not hesitate to contact us for further information.