Tuesday 18 September 2012

Gazebo : Apa Yang Perlu Anda Ketahui? (2)

Sebelum Anda memutuskan untuk mendirikan gazebo di halaman rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, berikut di antaranya.

1. Agar proporsi gazebo dan halaman seimbang, sebaiknya gazebo rumah memiliki luas 1/5 dari total luas halaman.

2. Ukuran minimal gazebo adalah 2mx2m. Dengan ukuran demikian, Anda bisa menempatkan meja kecil, kursi bantal, dan beberapa aksesori.

3. Sebaiknya buat jarak minimal antara tembok terdekat rumah dengan gazebo, sepanjang 2 meter.

4. Anda perlu berhati-hati jika ingin meletakkan gazebo di bawah pohon buah. Buah yang jatuh dapat merusak atap gazebo dan menjadi sarang serangga.

5. Biasanya akses menuju gazebo rumah dibuat berupa jalan setapak. Untuk keleluasaan Anda, buat jalan selebar 40cm–90 cm.

6. Tambahkan lampu untuk memberikan tata cahaya yang mempercantik tampilan gazebo. Sebaiknya, lampu gazebo dapat dinyalakan atau dimatikan dari dalam rumah. Sediakan pula sekering tersendiri agar tidak mengganggu penggunaan listrik di rumah induk.


Ragam Model Gazebo yang Bisa Anda Pilih
Di antara banyak model gazebo, ada bangunan gazebo Bali yang memiliki kekhasan sendiri. Dari aspek material, gazebo Bali dirancang khusus dengan material khas Bali, misalnya, pada penggunaan atap adalah atap alang-alang yang dipakai sebagai salah satu jenis atap tradisional daerah Bali.

Di samping itu, dari segi arsitertur, juga dirancang sesuai dengan arsitektur Bali. Misalnya, pada puncak atap dikombinasikan dengan ukiran mahkota Bali. Penggunaan sutra pada dinding gazebo Bali juga mencirikan karakter khas Bali.

Bagi Anda para pecinta model gazebo Bali bisa mendapatkan beragam model dan bentuk gazebo daerah ini yang tetap mencirikan kesan etnik Bali yang kuat.

Di samping itu, secara garis besar ada beberapa model gazebo yang bisa Anda buat dan rancang. Tinggal dipadukan dengan unsur-unsur lokal yang mencirikan budaya masyarakat setempat.

Misalnya, Anda berada di lingkungan masyarakat Melayu, maka bisa merancang dengan memadukan puncak mahkota selembayung pada bagian atas atap gazebo, atau penggunaan kain songket pada dinding gazebo sebagai kain khas daerah Melayu. Tinggal bagaimana Anda merancang dan memilih unsur-unsur daerah lokal untuk dipadukan sebagai unsur yang dominan pada gazebo.


Nah, berikut ini beberapa jenis gazebo yang bisa Anda buat :
1. Natural
Gazebo jenis ini banyak dipilih orang karena memberi sentuhan dengan alam di sekitarnya. Bahan yang digunakan biasanya adalah bahan dasar kayu atau batu ekspos. Namun, Anda juga bisa membuatnya dari material beton dengan membuat ukiran alami yang memberi kesan natural.

2. Etnik
Gazebo Bali merupakan salah satu jenis bangunan dengan gaya etnik. Anda pun bisa merancang sesuai dengan etnik Anda. Gazebo etnik bisa dibangun menggunakan bahan dasar alami seperti kayu dan bambu. Pada bagian puncak atap ditambahkan dengan ukiran mahkota etnik tertentu.

3. Klasik
Bangunan biasanya dihiasi dengan tiang dengan ornamen, misalnya pilar. Dengan atap yang melengkung anggun dan kental warna putih sangat cocok jika disandingkan dengan desain rumah klasik.

4. Industrial
Biasanya didominasi dari bahan metal, aluminium dan besi, pokoknya yang berwarna logam. Jenis ini juga jarang dijumpai di perumahan karena lebih sering dibuat untuk sarana umum seperti kantor, cottage, atau tempat wisata.

5. Modern
Saat ini, sudah tidak didominasi warna natural ataupun finishing bahan natural seperti batu alam dan kayu. Umumnya digunakan material beton, bata, dan kayu dengan finishing cat. Bentuknya pun juga sangatlah beragam dan berbentuk gazebo pada umumnya.

6. Country
Sangat Identik dengan penggunaan batu alam serta bata ekspos. Perbedaannya, jenis ini bergaris cukup tegas. Tiangnya bisa dari kayu atau tiang beton dengan finishing batu alam, atau finishing natural. Meskipun warnanya sangat dominan natural (kayu, terakota), terkadang terdapat sentuhan dari bahan artifisial seperti keramik dan besi.

Setelah mengetahui berbagai model gazebo yang ada, Anda bisa memilih dan merancang sebuah gazebo unik di sekitar taman rumah Anda. Selamat berkreasi! (berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Please do not hesitate to contact us for further information.