Friday 5 October 2012

Meja Makan : Apa Yang Perlu Diperhatikan?

Sebelum anda memilih sebuah meja makan, sebaiknya anda perhatikan beberapa hal. Semoga artiket ini membantu anda memilih meja makan yang cocok untuk memepercantik rumah anda. 

Meja makan adalah perabot utama yang harus ada di ruang makan atau dining room. Selain sebagai tempat makan untuk keluarga, ruang makan juga sering menjadi tempat berkumpul untuk melakukan aktifitas santai dalam keluarga seperti menonton televisi dan juga sebagai tempat anak mengerjakan pekerjaan rumah. Ruang makan dengan dining table yang nyaman juga dan tepat juga dapat membuat acara makan keluarga menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

meja makan minimalis
Desain interior yang baik untuk ruang makan harus didasarkan pada fungsi utamanya yaitu sebagai tempat makan yang baik dan menunjang kegiatan keluarga lainnya. Oleh karena itu banyak hal yang harus diperhatikan dalam menata ruang makan. Meja makan dapat juga diletakkan dekat dengan kitchen set agar memperlancar aktifitas dan proses penyajian makanan.
Sentuhan interior pada ruang makan akan membuat ruangan tersebut menjadi terpisah secara jelas dengan ruangan lainnya di dalam rumah. Hal ini bertujuan agar aktifitas makan berlangsung baik tanpa gangguan sehingga pada waktu berada di meja makan benar-benar merupakan waktu yang berkualitas. Oleh karena itu ada baiknya jika anda menyesukaian ukuran dining table anda dengan ruangan yang digunakan agar ruang gerak pun tidak menjadi terbatas.

Panduan dalam Memilih Meja Makan

meja makan
  • Meja makan bentuk bundar cocok ruangan dengan ukuran kecil. Meja dengan bentuk bundar ini sesuai diperuntukkan untuk ruang makan yang sempit dan tidak memilki sudut yang tajam. Meja bundar akan mampu memuat lebih banyak orang karena tidak ada sudut disekeliling meja. Meja bundar dengan satu kaki (pedestal) akan memberikan ruang yang lebih luas untuk kaki dibanding meja dengan kaki lebih dari satu. Kursi akrilik transparan dapat dipilih untuk melengkapi meja makan bentuk bundar ini karena akan membuat ruang makan yang sempit menjadi terlihat lebih luas dan akan menunjukkan keindahan meja makan yang ada di tengahnya.
  • Meja makan bentuk persegi panjang yang cocok untuk ruangan yang panjang dan sempit. Meja model ini akan memberikan ruang untuk lalu lalang karena semakin panjang ukuran meja maka lebar ruangan yang tersisa akan semakin besar. Sebagai penataan, lebih baik pada setiap sisi meja makan diletakkan dua kursi sehingga setiap orang akan mempunyai jarak yang sama seperti halnya pada meja bulat.
  • Saat memilih meja makan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama ukuran. Jika dining room anda memiliki ruang yang terbatas, pilihlah perabot yang lebih minimalis sehingga tidak memakan tempat. Ukur dengan baik jarak antar furniture dan juga dinding agar ruangan pun tak terlihat sempit dan padat.

Editor : Christianto Joni

No comments:

Post a Comment

Please do not hesitate to contact us for further information.