Wednesday 19 September 2012

Berbagai Fungsi Ruang Bawah Tangga

Jika saat ini anda sedang mencari rak pajangan di bawah tangga, lebih baik anda memilih rak pajangan yang gaya namun tetap fungsional untuk diletakkan di rumah anda, khususnya pada area bawah tangga. Kami membaca artikel bagus dari Architectaria yang mengupas khusus bagian bawah tangga yang jarang digunakan oleh pemilik rumah. Selain itu, ada juga artikel bagus dari tabloid Rumah yang begitu menginspirasi. Kami tidak sabar membagikannya untuk anda.


Ruang di bawah tangga, seringkali menjadi ruang sisa yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Paling banter, pemilik rumah hanya menjadikannya sebuah gudang tanpa lemari, tempat menyembunyikan barang-barang yang jarang dipakai. Padahal, ruang sempit ini bisa digunakan untuk hal lainnya.

copyright @ rudydewanto
TIGA PILIHAN
Ada tiga pilihan untuk memanfaatkan ruang di bawah tangga, yaiti membuatnya menjadi sebuah kamar mandi, lemari penyimpanan, atau rak.
Untuk membuat sebuah kamar mandi di bawah tangga, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah ukuran tangga yang lebar dan bordes yang tinggi, sehingga orang tetap dapat beraktivitas dengan nyaman di kamar mandi. Jika bordes tidak cukup tinggi, lantai kamar mandi dapat diturunkan.

Pilihan kedua, yang paling sering dilakukan orang adalah membuat lemari penyimpanan atau lemari sepatu. Siasat ini digunakan oleh para pemilik rumah yang memiliki ruang sempit sehingga, lemari penyimpanan sering digunakan untuk menyimpan benda-benda yang jarang digunakan.

Pilihan ketiga adalah membuat rak pajang. Selain dapat memperindah ruangan, rak ini juga berfungsi untuk memajang barang-barang koleksi pemilik rumah. Beberapa barang yang dapat dipajang yaitu 

Buku  
Dalam membuat rak untuk memajang buku, yang perlu diperhatikan adalah ukuran lebarnya. Sebab ukuran lebar buku sangat variatif. Setidaknya rak untuk memajang buku memiliki lebar, sekurang-kurangnya 40 cm. Cobalah untuk menyiasatinya dengan beberapa leather-bound books yang modis untuk tampilan menarik. Meskipun beberapa buku tersebut menampilkan kesan antik dan vintage

Foto pribadi atau Koleksi Pribadi
Rak pajang memang didesain secara khusus untuk mencuri pandangan kita. Oleh sebab itu apabila anda memiliki foto yang ingin dilihat orang lain, misalnya foto keluarga baik hitam putih maupun warna, sebaiknya letakkan di rak pajang. Taruhlah sejajar dengan pandangan anda. Beri sentuhan lampu sorot yang mengarah ke foto agar fokus pandangan jatuh ke foto. Demikian pula halnya dengan koleksi pribadi anda yang ingin anda pajang di rak.

Tanaman
Anda juga bisa meletakkan tanaman sebagai unsur penyejuk atau penyeimbangan ruangan. Namun, jika anda ingin meletakkannya di rak, sebaiknya pilihlah tanaman yang jarang menggunakan air misalnya keluarga Kaktus. Jangan lupa letakkan piringan dengan alas yang lembut sehingga tidak merusak permukaan rak anda. Jika anda ingin menaruh tanaman besar, letakkan di sudut rak dan beri jarak kurang lebih 10 Cm agar daun tidak langsung menyentuh rak.

Speaker
Apabila anda penyuka musik, beberapa tipe speaker cocok diletakkan di bawah tangga. Atur letaknya agar terlihat stylist dan coba efek suara yang dihasilkannya.

Kotak Penyimpanan
Sebuah rak pajang akan semakin terlihat waw dengan tambahan sebuah kotak penyimpanan. Selain fungsinya sebagai tempat menyimpan barang-barang, baik berharga maupun yang jarang digunakan, kotak penyimpanan ini juga dapat berfungsi sebagai pemanis ruang maupun partisi.

Nah, mulai saat ini, cobalah untuk memanfaatkan kembali ruang kosong dibawah tangga anda. Jika anda memiliki ruang kosong di bawah tangga, tanya kami. Silahkan share opini anda mau pun rencana-rencana anda di sini. Oh ya, tentu saja, kami juga menyediakan jasa untuk membuat rak atau lemari di bawah tangga anda ;) selamat mencoba :)

Oleh : Christianto Joni S.Psi
Gambar : Rudy Dewanto

2 comments:

  1. Menarik sekali konsep yang ditawarkan oleh Christianto Joni. Sungguh ide yang luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya len, masih byk lagi konsepnya. Lagi mau nyari inspirasi nih. Semoga blog ini menginspirasi ya len ;) Hehehe

      Delete

Please do not hesitate to contact us for further information.