Monday 18 February 2013

3 Jenis Pencahayaan Yang Perlu Anda Ketahui

BATAM - Pencahayaan yang tepat, akan sangat mendukung suasana dalam sebuan ruangan. Merancang pencahayaan yang tepat juga dapat dilakukan dengan mengaplikasikan berbagai lapisan cahaya.

Untuk membuat ruangan lebih dramatis, gunakan panduan 3 lapisan cahaya ini. Seperti yang disarankan oleh Your Guide to Home Lighting, Philips.

1. Pencahayaan Umum (General Lighting).
Ini merupakan pencahayaan dasar yang fungsi utamanya menerangi ruangan secara keseluruhan. Cahaya menyebar secara merata ke seluruh ruangan dan sifatnya soft. Lampu untk pencahayaan umum biasanya di pasang di langit-langit rumah, baik di ruang tengan maupun sepnajnag tepian plafon. Setiap 20-25 m2, luas ruangan, sebaiknya di pasang satu buah pencahayaan umum.

2. Pencahayaan Khusus (Task Lighting)
Jenis pencahayaan ini, digunakan untuk menerangi fungsi-fungsi khusus dalam sebuah ruangan. Misalnya, lampu gantung di ruang makan di pasang untuk menerangi aktivitas yang dilakukan di atas meja makan atau untuk kegiatan memasak di dapur. Pastikan dalam ruangan tidak lebih dari tiga pencahayaan khusus, karena akan sangat menyilaukan.

3. Pencahayaan Aksen (Accent Lighting)
Fungsi pencahayaan ini adalah menonjolkan obyek dekoratif yang ada dalam ruangan. Misalnya, lampu pada lukisan atau foto di dinding di pasang untuk mengangkat kehadiran foto atau menonjolkan lukisan. Pencahayaan jenis ini sifatnya tiga bahkan lima kali lebih kuat dibandingkan pencahayaan umum. Sehingga ada baiknya bila sumber cahaya disembunyikan sehingga tidak mengganggu penglihatan.

Dengan adanya pencahayaan ini, ruangan akan tampak lebih bergairah dan hidup. Selamat Mencoba! (Chris)

No comments:

Post a Comment

Please do not hesitate to contact us for further information.